Social Icons

Pages

Senin, 05 Agustus 2013

Tips Mudik Aman Sampai Kampung Halaman.

            Sahabat blogger, sekarang udah mendekati hari raya idul fitri nih, pasti banyak dari sahabat blogger yang mulai bermudik-mudik ria yaa.. kembali ke kampung halaman bertemu keluarga besar, orang tua dan kakek-nenek. itulah tradisi yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia. ya biasa dikenal dengan istilah Pulang Kampung.

            Menyoroti banyaknya para pemudik tahun ini,terutama para pengendara motor. saya mau berbagi sedikit tips nih buat para pemudik yang hendak melakukan perjalanan menuju kampung halaman masing-masing, agar aman sampai di kampung halaman. berikut tipsnya:

1. Persiapkan Kendaraan Anda
Ini hal penting bagi para pengendara, banyak para pemudik yang menyepelekan hal ini. Kendaraan dan kondisi kendaraan serta performance nya hampir terlewatkan dari perhatian para pemudik. pastikan kendaran Anda masih dalam kondisi baik, dan sangat dianjurkan beberapa hari sebelum berangkat, Anda sebaiknya service dahulu kendaraan Anda agar tidak terjadi masalah yang akan menghambat perjalanan Anda.

2. Kondisi Fisik Pengendara
Pastikan Anda memiliki kondisi fisik yang prima jika ingin melakukan perjalanan mudik, apalagi jarak yang di tempuh cukup jauh. Banyak istirahat dan jaga kesehatan serta konsumsi multivitamin agar fisik tetap terjaga dan perjalanan mudik pun lancar.

3. Perhatikan Kapasitas Kendaraan
Normalnya, kendaraan roda dua (Motor) hanya berkapasitas untuk 2 orang saja. Tapi tak banyak dari para pemudik yang melebihi kapasitas normal yang dianjurkan. tak jarang ditemui lebih dari 2 orang dalam 1 kendarann, belum lagi jumlah barang bawaan yang juga menambah beban dari kapasitas yang telah di tentukan.Itu sangat berbahaya. Usahakan jangan sampai melebihi kapasitas yang telah ditentukan baik itu penumpang ataupun barang bawaannya. Agar mudik Anda terasa nyaman dan aman.

4. Istirahatlah jika diperlukan.
Jangan memaksakan diri apabila rasa lelah menghampiri saat dalam perjalanan mudik, musibah tak mengenal jauh-dekat. usahakan mencari tempat istirahat/posko-posko mudik terdekat jika fisik mulai lelah. mengurangi resiko kecelakaan.

5. Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas
Ini sangat penting dalam perjalanan mudik Anda, sebagai pengendara sebaiknya Anda mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada dan Anda jumpai di sepanjang jalan. Agar lalu lintas terjaga dan tetap lancar sehingga Perjalanan Anda juga lancar, nyaman dan sampai pada waktu yang telah di rencanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar